Sabtu, 29 Oktober 2011

METODE RISET BISNIS

METODE RISET BISNIS

RESTAURANT KABAYAN

1.1. Latar Belakang
2.    Pada era sekarang ini, persaingan di bisnis restoran semakin ketat. Selain rasa masakan, kualitas pelayanan juga menjadi hal yang krusial demi nama baik restoran tersebut. Beberapa restoran telah menggunakan sistem informasi untuk menyelesaikan permasalahan dalam proses bisnis yang umum terjadi di restoran seperti proses pemesanan, pembayaran, pengaturan tempat hingga pengaturan keuangan, proses pembelian bahan, penentuan harga, dll.
3.    Proses-proses diatas kebanyakan masih dilakukan secara manual oleh pemilik restoran. Tentunya hal ini sangat tidak efisien untuk restoran terutama yang berskala menengah hingga besar karena akan memakan waktu dan tenaga. Belum lagi faktor kesalahan individu atau “human error” sering terjadi bila tidak memiliki proses bisnis dan komitmen yang kuat dalam pelaksanaannya. Pemilihan teknologi untuk sistem harus disesuaikan dengan keadaan dan proses bisnis restoran. Hal ini berdampak langsung ke kecepatan pelayanan dan manajemen restoran.
1.2. Masalah
Dikarenakan masyarakat Indonesia sebagian besar mencintai kuliner dan tidak sedikit dari mereka menyukai masakan daerah contohnya masakan yang berasal dari sunda maka dari itu akan di didirikannya resturan yang bernama “KABAYAN” karena kabayan identik berasal dari sunda.
1.3.Tujuan
Untuk meningkatkan manajemen dalam pemasaran di restaurant kabayan tersebt agar daya tariknya tidak kalah dengan restaurant yang menjual makanan yang berbau luar negeri



1.4.struktur organisasi
direktur
 
Contoh dari Bagan Organisasi
 









1.5.  Aktivitas
Restoran Sunda Mang Kabayan menawarkan makanan sunda lengkap dengan suasana sunda. Dengan dua pilihan tempat (duduk dan lesehan), restoran ini juga memutarkan lagu-lagu Sunda untuk menemani pelanggan makan. 


Pilihan makanannya lengkap, mulai dari sayur asem, ayam goreng, ikan gurame, lalapan, sambel cobek, hingga karedok. Rasa makanan menjadi kelebihan Restoran Sunda Mang Kabayan dari restoran Sunda lainnya. 

1.5. Hasil
Kelezatan masakan Sunda yang nikmat dan suasana yang menyenangkan membuatku kembali mengunjungi rumah makan ini. Sesuai dengan namanya Mang Kabayan dan mottonya “Khas Makanannya, Khas Suasananya”, rumah makan ini menampilkan suasana khas Sunda, di mana bangunannya menggunakan bambu dan bilik, pengunjung dapat memilih tempat duduk lesehan atau tempat duduk biasa, kita pun serasa menikmati masakan Sunda dengan suasana pedesaan yang asri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar