Sabtu, 01 Oktober 2011

METODE RISET BISNIS

1.   Judul : PENINGKATAN MANAJEMEN SISTEM BUS DI JAKARTA 
Pengarang: Veronika Widi Prabawasari
Tahun: 2004

2. Tema: PELAYANAN DAN TRANSPORTASI YANG TEPAT DAN MEMADAI.


3. Latar Belakang Masalah:
Kepuasan pelanggan adalah salah satu hal yang paling penting bagi suatu perusahaan salah satunya pada bidang pelayanan transportasi dan Peningkatan sistem transpotasi umum dengan meningkatkan manajemen sistem bis yang seharusnya sudah menjadi perhatian yang cukup serius dan masalah ini adalah menjadi tantangan bagi semua pihak termasuk pemerintah.


4.Masalah:
Pada umumnya,sistem bis telah menimbulkan masalah yang cukup serius dengan terjadinya kemacetan pada rute-rute utama akan mengurangi kemampuan pelayanan bis.
Kinerja buruk dari sistem angkutan umum ini khususnya bis,mengakibatkan angkutan ini menjadi kurang menarik sebagai salah satu moda transportasi kota.Tidak memadainya pelayanan bis ini,mengakibatkan meningkatnya ketergantungan akan mobil pribadi yang berdampak pada pemborosan konsumsi bbm, pengrusakan lingkungan dan masalah pemerataan social yang akan berpengaruh pada keseimbangan tatanan kehidupan.Peningkatan sistem transpotasi umum dengan meningkatkan manajemen sistem bis seharusnya sudah menjadi perhatian yang cukup serius para pengambil keputusan.masalah ini adalah menjadi tantangan bagi semua pihak termasuk pemerintah.


5. Tujuan Riset: 
Untuk meningkatkan manajemen sistem bis yang memberikan pelayanan yang baik terhadap para pengguna transportasi bus dan untuk memberi kontribusi pada pembagunan kota yang berkelanjutan.



6. Teori & Penelitian:
Landasan Teori: 
Model Konseptual Dari Pelayanan Kualitas (Servqual):kekuatan dari konsep ini, bukan hanya karna diformulasikan berdasarkan hasil riset, tetapi juga karena disertai dengan cara pengukuran yang dimengerti (Irawan, 2002).

Kepuasan Pelanggan:menurut Kotler (1997), kepuasan pelanggan adalah kepuasan atau kekecewaan yang dirasakan konsumen.



7. Metode Penelitian :
- Analisis dan Pembahasan
- Uji Validitas & Reabilitas



8. Kesimpulan:
Secara ringkas,kinerja sistem transportasi umum khususnya sistem bis di Jakarta adalah merupakan hasil dari manajemen yang buruk yang diakibatkan oleh berbagai factor,antara lain :
- penurunan kualitas bis yang meliputi kondisidan pelayanan akibat kemacetan lalu-lintas yang disebabkan tidak adanya prioritas terhadap sistem bis dan tidak efektifnya pembatasan terhadap pemakaian kendaraan pribadi di dalam kota.
- tidak adanya kebijaksanaan dan prosedur yang jelas bagi pemerintah daerah dalam menetapkan pelayanan bis baik dalam standar pelayanan akibat peraturan pemerintah yang tidak tegas

9. Metodologi

·         Dengan cara mendatangi tempatnya lalu melakukan wawancara
·        Survey  langsung
·        Wawancara di setiap bagian

10. Ruang lingkup materi

·        Membahas tentang apa yang terjadi dengan masalah yang dihadapi oleh pihak-pihak yang berkepentingan dalam perusahaan busway di Jakarta
·        Mencari langkah-langkah yang akan diambil oleh pihak yang bersangktan dalam mengahadap permasalahan yang ada
·        Mencari solusi untuk menyelesaikan permasalah yang terjadi

11. aktivitas dan kegiatan
·        Memberikan pelayanan yang maksimal kepada para penumpang
·        Mengawasi apabila ada yang  bertindak kejahatan di dalam busway
·        Memperbanyak armada jika memang memungkinkan
·        Membuat kondisi menjadi nyaman bagi penumpang

12. pembahasan dan analsis
·        Jadi sebenarnya armada busway adadi ibukota itu sangat penting karena padatnya penduduk di Jakarta itu memungkinkan terjadinya macet yang sangat luar biasa oleh karena itu untuk menghindari kemcetan dan mengurangi banyaknya kendaraan yang tersebar di ibukota jakartamaka dari itu di sediakanlah bus way sebagai sarana transportasi anti macet

13. Hasil

hasil yang didapatakan karena disediakannya busway adalah terhindar dari kemacetan selain
biaya nya sanngat murah hanya Rp.3500 rupiah kita bias menikmati jalan di ibu kota Jakarta tanpa adanya kemacetan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar