Senin, 12 Maret 2012

ANALISIS JURNAL 2



Tema : Kepuasan Konsumen
Masalah : Cara membentuk kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Alfamart di bogor
Judul : Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart di bogor
Pengarang : Wahyu stevanus
Tahun : 2012
Latar Belakang 
Pelayanan konsumen sangat penting artinya bagi kehidupan suatu perusahaan, karena tanpa konsumen, maka tidak akan terjadi transaki jual beli diantara keduanya. Untuk itu kegiatan pelayanan, perusahaan haruslah berorientasi pada kepuasan konsumen, kepuasan konsumen dapat memberikan kontribusi kepada perusahaan dalam meningkatkan pendapatan jangka panjang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1) Bagaimana kualitas pelayanan karyawan pada Alfamart bogor?
2) Bagaimana kepuasan konsumen terhadap Alfamart bogor?
3) Apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan konsumen pada Alfamart bogor?.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :
1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan karyawan pada Alfamart bogor.
2) Untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap Alfamart bogor.
3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan konsumen pada Alfamart bogor.

Metode penelitian yang digunakan adalah
Metode survey dengan jenis penelitian asosiatif yaitu penelitian yang menyatakan hubungan sebab akibat, diantara variabel X (kualitas pelayanan karyawan) akan mempengaruhi variabel Y (kepuasan konsumen) yang diteliti secara sistematis dan akurat.

Objek yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah
konsumen pada Alfamart bogor, populasi dari penelitian ini berjumlah 1680 orang dan sampel yang diambil sebanyak 10% dari 1680 adalah 168 orang dengan taraf kesalahan 5%, teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuisioner dengan instrument penelitian digunakan skala likert.
Sedangkan teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan pengujian validitas yang menggunakan rumus uji korelasi product moment, kemudian realibilitasnya menggunakan teknik split half ( teknik belah dua). Analisa statistik yang digunakan adalah koefisien korelasi product moment dan regresi linear sederhana dan pengujian hipotesis statistik.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif antara kualitas pelayanan karyawan terhadap kepuasan konsumen pada Alfamart bogor. Koefisien korelasi r hitung sebesar 0,524 pada pola persamaan regresi linear sederhana Y = 16,479 + 0,508 X. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa kualitas pelayanan karyawan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen, dengan kata lain, perusahaan harus melakukan pelayanan yang baik jika ingin terus mendapatkan keuntungan dari kepuasan konsumen tersebut.

Penetrasi terhadap alfamart:
Harus lebih ditingkatakan lagi produk-produk yang dikirim oleh distributor agar kebutuhan konsumen tetapa tersedia di alfamart sehingga konsumen tidak emmilih tempat lain karena kebutuhan mereka sudaj trsedia di alfamart terdekat

Persepsi terhadap alfamart:
Terkadang ada saja barang yang tidak barang yang sedang dibutuhkan yang di jual di alfamart. Ac yang di gunakan pun terkadang tidak berfungsi sehingga membuat para konsumen merasa tidak nyaman  sebaiknya sarana dan prasananya yang ada di alfamart segera diperbaiki agar konsumen tidak memilih tempat belanja lain selain alfamart

Positioning terhadap alfamart:
Alfamart ini menjual harga-harga yang memang terjangkau oleh kantong siapapun jadi semua kalangan pun bisa membeli barang yang mereka butuhkan di alfamart ini

Kelebihan:
1.       Tempatanya terjangkau
2.       Karyawannya ramah
3.       Selalu benar dalam menghitung pembelian
4.       Terkadang mengadakan potongan – potongan harga

Kelemahan:
1.       Barang kurang lengkap
2.       Sarana dan prasaran yang terkadang tidak berfungsi
3.       Tidak adanya orang untuk menjaga parkir

Analisis: 
Sebagai pengecer sebaiknya selalu memnuhi keperluan para konsumen karena jika kebutuhan konsumen tersebut tidak tersedia maka konsumen pun akan merasa enggan untuk datang ke alfamart itu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar