Kamis, 22 September 2011

Analisis jurnal  (Metodelogi Riset Bisnis )


Analisis Jurnal ilmiah oleh : Nama : Wahyu Stevanus P , Npm : 30209804, Kelas : 3 DD01

1. Judul : PENINGKATAN MANAJEMEN SISTEM BUS DI JAKARTA
Pengarang: Veronika Widi Prabawasari
Tahun: 2004

2. Tema: PELAYANAN DAN TRANSPORTASI YANG TEPAT DAN MEMADAI.


3. Latar Belakang Masalah:
Kepuasan pelanggan adalah salah satu hal yang paling penting bagi suatu perusahaan salah satunya pada bidang pelayanan transportasi dan Peningkatan sistem transpotasi umum dengan meningkatkan manajemen sistem bis yang seharusnya sudah menjadi perhatian yang cukup serius dan masalah ini adalah menjadi tantangan bagi semua pihak termasuk pemerintah.


4.Masalah:
Pada umumnya,sistem bis telah menimbulkan masalah yang cukup serius dengan terjadinya kemacetan pada rute-rute utama akan mengurangi kemampuan pelayanan bis.
Kinerja buruk dari sistem angkutan umum ini khususnya bis,mengakibatkan angkutan ini menjadi kurang menarik sebagai salah satu moda transportasi kota.Tidak memadainya pelayanan bis ini,mengakibatkan meningkatnya ketergantungan akan mobil pribadi yang berdampak pada pemborosan konsumsi bbm, pengrusakan lingkungan dan masalah pemerataan social yang akan berpengaruh pada keseimbangan tatanan kehidupan.Peningkatan sistem transpotasi umum dengan meningkatkan manajemen sistem bis seharusnya sudah menjadi perhatian yang cukup serius para pengambil keputusan.masalah ini adalah menjadi tantangan bagi semua pihak termasuk pemerintah.


5. Tujuan Riset:
Untuk meningkatkan manajemen sistem bis yang memberikan pelayanan yang baik terhadap para pengguna transportasi bus dan untuk memberi kontribusi pada pembagunan kota yang berkelanjutan.


6. Teori & Penelitian:
Landasan Teori:
Model Konseptual Dari Pelayanan Kualitas (Servqual):kekuatan dari konsep ini, bukan hanya karna diformulasikan berdasarkan hasil riset, tetapi juga karena disertai dengan cara pengukuran yang dimengerti (Irawan, 2002).

Kepuasan Pelanggan:menurut Kotler (1997), kepuasan pelanggan adalah kepuasan atau kekecewaan yang dirasakan konsumen.


7. Metode Penelitian :
- Analisis dan Pembahasan
- Uji Validitas & Reabilitas


8. Kesimpulan:
Secara ringkas,kinerja sistem transportasi umum khususnya sistem bis di Jakarta adalah merupakan hasil dari manajemen yang buruk yang diakibatkan oleh berbagai factor,antara lain :
- penurunan kualitas bis yang meliputi kondisidan pelayanan akibat kemacetan lalu-lintas yang disebabkan tidak adanya prioritas terhadap sistem bis dan tidak efektifnya pembatasan terhadap pemakaian kendaraan pribadi di dalam kota.
- tidak adanya kebijaksanaan dan prosedur yang jelas bagi pemerintah daerah dalam menetapkan pelayanan bis baik dalam standar pelayanan akibat peraturan pemerintah yang tidak tegas

Tidak ada komentar: