Kamis, 25 November 2010

Strategi pemasaran yang efektif bagi kewirausahaan

Nama : Wahyu Stevanus P
Kelas : 2DD01
Npm : 30209804
Materi : strategi pemasaran yang efektif bagi kewirausahaan
Sumber Rujukan : http://vibizmanagement.com/journal.php?id=275&sub=journal&page=sales

strategi pemasaran yang efektif bagi kewirausahaan
(Vibizmanagement - Sales) - Strategi marketing yang kreatif dan inovatif akan membantu bisnis anda untuk menghasilkan banyak income dan sales / penjualan. Anda harus mengetahui beberapa strategi pemasaran dan kiat-kiat dalam melaksanakan bisnis anda

Strategi Pemasaran dan Kiat-kiatnya

Jika Anda ingin mengetahui apakah strategi dan kiat-kiat pemasaran dan mengapa suatu perusahaan menghabiskan begitu banyak usaha, waktu dan uang mereka, maka jawabannya adalah cukup sederhana. Tujuan dari setiap bisnis adalah untuk menghasilkan keuntungan, dan strategi pemasaran adalah membantu perusahaan dalam menghasilkan bisnis yang lebih lagi dan keuntungan untuk bisnis tersebut. Strategi pemasaran yang dibuat tidak hanya berkaitan dengan penjualan / sales dan mempromosikan produk, tapi juga tentang jenis-jenis pelayanan ( service ) kepada pelanggan yang diberikan oleh perusahaan.

Berikut adalah daftar dari beberapa strategi pemasaran yang paling sukses dan kiat-kiatnya pada skenario bisnis modern saat ini, dimana bisnis saat ini adalah bisnis yang kompetitif, untuk mendapatkan keuntungan dan untuk menjaga persaingan pasar.

Strategi Pemasaran Yang Efektif dan Kiat-kiatnya

1. Build Relationships / Membangun Hubungan
Manusia adalah sangat penting dalam suatu bisnis. Apakah mereka adalah pelanggan, pemasok atau karyawan perusahaan. Hal ini tidak hanya diperlukan untuk membentuk suatu hubungan yang baik dengan pelanggan, sehingga mereka akan datang kembali untuk melakukan pembelian ulang, tetapi juga hubungan yang baik dengan karyawan dan semua orang lain dalam perusahaan dimana terjadinya hubungan yang baik saat bekerja, akan mempengaruhi hal-hal positif saat karyawan berhubungan dengan pelanggan atau pihak luar.

Differentiate from Competition / Perbedaan Dari Kompetitor
Salah satu strategi dan teknik pemasaran yang sukses adalah menciptakan identitas diri Anda sendiri, yang berbeda dari competitor Anda. Cara yang baik untuk melakukan persaingan dalam bisnis adalah dengan melakukan inovasi dari produk dengan teknologi maju. Untuk ini, riset pasar dalam suatu bisnis haruslah sangat kuat, sehingga adanya perubahan dapat diantisipasi di muka dan dapat diambil tindakan yang sesuai.

2. Creative Advertising Campaign / Kampanye Periklanan Yang Kreatif
Kampanye iklan harus sedemikian rupa menarik dan kreatif sehingga menampilkan semua keunggulan dan kekuatan dari produk dan jasa perusahaan yang ditawarkan. USP ( The unique selling point ) dari suatu bisnis dapat menjadi suatu after sales service yang sangat baik ataupun periode garansi yang lebih lama daripada apa yang ditawarkan oleh competitor Anda. Hal ini dapat ditekankan dalam kampanye iklan Anda.

3. Offer New Products and Schemes / Penawaran Produk Baru dan Skemanya
Strategi pemasaran dan kiat-kiat yang efektif digunakan oleh banyak bisnis saat ini adalah dengan menawarkan produk baru serta skema baru untuk pelanggan. Jika suatu perusahaan memperkenalkan produk baru di pasar, maka secara otomatis jumlah pelanggannya akan meningkat yaity ketika pelanggan baru membeli produk baru tersebut. Pada saat yang sama, ketika pelanggan lama melihat beberapa fitur-fitur inovasi baru dalam produk terbaru, mereka juga tertarik untuk melakukan pembelian ulang juga. Hal ini meningkatkan volume penjualan serta pendapatan untuk perusahaan tersebut. Cara lain untuk meningkatkan penjualan, adalah dengan menawarkan beberapa skema baru pada saat festival / basar atau selama musim liburan, seperti mendiscount salah satu produk hingga lima puluh persen.

4. Marketing Strategies and Implementation / Strategi Pemasaran dan Implementasi

Untuk strategi pemasaran yang sukses, maka strategi pemasaran harus diatur sedemikian rupa sehingga sangat realistis dan measurable / dapat diukur. Strategi ini juga harus dapat diaplikasikan sehingga dapat diterapkan untuk waktu yang sangat lama. Untuk implementasi pada strategi pemasaran yang efektif, harus di tetapkan satu goal / tujuan yang jelas.

Tujuan / goal dapat didefinisikan dalam istilah moneter seperti melipatgandakan keuntungan dari penjualan dalam jangka waktu enam bulan. Setelah tujuan ditetapkan, maka selanjutnya membuat strategi pemasaran untuk menentukan bisnis yang berbeda dari competitor Anda dan menetapkan kapan waktu yang tepat untuk melaunchingnya di pasar.

Formulasi yang tepat serta waktu pelaksanaan strategi dan taktik pemasaran yang tepat akan sangat menetukan dalam keberhasilan suatu bisnis. Tetapi itu belumlah selesai, Anda harus mengukur seberapa sukses strategi dan taktik pemasaran Anda dalam menghasilkan keuntungan dari penjualan Anda. Selain itu diperlukan suatu perumusan strategi pemasaran untuk tahun berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar